Selamat Datang di Sistem Penerimaan Taruna Baru STPN

Sistem Penerimaan Taruna Baru Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional memberikan kemudahan proses registrasi bagi Calon Taruna dengan mengisi data secara online.

Dengan Sistem Penerimaan Taruna Baru ini, calon taruna dari berbagai daerah di Indonesia dapat melakukan Registrasi dan melengkapi berkas secara online tanpa harus datang ke kampus Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional.




ALUR PENDAFTARAN TARUNA BARU PROGRAM STUDI DIPLOMA IV PERTANAHAN TAHUN AKADEMIK 2023/2024

  1. Pendaftaran dilakukan secara online melalui Sistem Penerimaan Taruna Baru pada link penerimaan.stpn.ac.id;

  2. Pendaftar harus mempunyai email gmail yang aktif;

  3. Pada Sistem Penerimaan Taruna Baru (penerimaan.stpn.ac.id), pendaftar memilih menu Registrasi kemudian pilih Diploma IV PERTANAHAN  Pendaftaran Online, selanjutnya masuk ke menu Mulai Pendaftaran Online untuk mengisi alamat email, nama lengkap dan captcha;

  4. Pendaftar akan mendapatkan email konfirmasi pendaftaran yang berisi nomor registrasi, nomor virtual account, biaya pendaftaran dan link pengisian formulir pendaftaran;

  5. Pendaftar membayar biaya pendaftaran sebesar Rp.175.000,- (seratus tujuh puluh lima ribu rupiah) berdasarkan PP No. 128 Tahun 2015 Tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis PNBP yang berlaku pada Lingkungan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/BPN sesuai dengan nomor virtual account Bank BRI (15 digit), kemudian pendaftar akan mendapatkan email konfirmasi yang berisi nomor PIN (6 digit) yang digunakan untuk login dalam pengisian formulir pendaftaran;

  6. Pendaftar mengisi formulir pendaftaran dengan lengkap, kemudian seluruh berkas pendaftaran discan dan disimpan dalam format .JPG dengan ukuran maksimal 500 KB, kemudian upload berkas pendaftaran tersebut ke Sistem Penerimaan Taruna Baru, berkas pendaftaran terdiri dari hasil scan:

    • Lulusan Program Studi Diploma I Pengukuran dan Pemetaan Kadastral Jalur Umum:
      1. Pas foto berwarna terbaru dengan latar belakang warna merah, ukuran 3 x 4 cm;
      2. Asli Ijazah dan Transkrip Nilai Program Studi Diploma I Pengukuran dan Pemetaan Kadastral(upload Transkip nilai pada kolom Rapor_Kelas_X_Smt_1);
      3. KTP atau Kartu Keluarga;
      4. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) terbaru atau yang masih aktif
      5. Surat Pernyataan bermaterai Rp.10.000,- tidak menuntut untuk diangkat menjadi CPNS. (Surat Pernyataan di unduh : Download)

      6. Surat Pernyataan bermaterai Rp.10.000,- bagi pendaftar putri Prodi Diploma IV Pertanahan wajib tidak hamil sampai dengan awal Semester V. (Surat Pernyataan di unduh : Download)

      7. Surat Pernyataan bermaterai Rp.10.000,- yang menerangkan bahwa data yang diisikan dalam formulir pendaftaran BENAR. (Surat Pernyataan di unduh : Download)


    • Lulusan Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah/Sekolah Menengah Kejuruan:
      1. Pas Foto berwarna terbaru dengan latar belakang warna merah;
      2. Asli Ijazah/STTB/Surat Tanda Kelulusan/Surat Keterangan Lulus (bagi lulusan tahun saat pendaftaran) atau yang telah dilegalisir oleh Kepala Sekolah yang bersangkutan;
      3. Asli Rapor dari kelas X s.d XII untuk lulusan tahun 2022 dan sebelumnya atau;
      4. Asli Rapor dari kelas X s.d XI untuk lulusan tahun 2023 (Untuk rapor kelas XII semester 2 yang belum keluar nilainya, berkasnya boleh dikosongi/tidak diupload);
      5. KTP atau Kartu Keluarga;
      6. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) terbaru atau yang masih aktif
      7. Surat Keterangan Konversi Rapor kelas X s/d kelas XII yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah (untuk rapor yang harus dikonversi nilainya);
      8. Surat Pernyataan bermaterai Rp.10.000,- tidak menuntut untuk diangkat menjadi CPNS. (Surat Pernyataan di unduh : Download)

      9. Surat Pernyataan bermaterai Rp.10.000,- bagi pendaftar putri Prodi Diploma IV Pertanahan sedang hamil dan wajib tidak hamil sampai dengan awal Semester V. (Surat Pernyataan di unduh : Download)

      10. Surat Pernyataan bermaterai Rp.10.000,- yang menerangkan bahwa data yang diisikan dalam formulir pendaftaran BENAR. (Surat Pernyataan di unduh : Download)


  7. Setelah dilakukan pengisian formulir pendaftaran, simpan data yang telah diisikan.
  8. Seluruh isi berkas pendaftaran yang telah di upload harus dapat terbaca dengan jelas dan tidak menimbulkan keraguan yang dapat merugikan pendaftar.

  9. Panitia akan melakukan validasi kesesuaian persyaratan sebagaimana tertera dalam formulir pendaftaran dengan berkas-berkas asli. Peserta dinyatakan gugur jika ditemukan adanya ketidaksesuaian antara data persyaratan yang dituliskan dalam formulir pendaftaran dengan data dalam berkas asli.

  10. Pendaftar dari jalur kerja sama akan diatur tersendiri melalui MoU dan PKs.

Call Center

Mengenai Informasi Pendaftaran Calon Taruna Baru Tahun Akademik 2023/2024 saat ini dapat menghubungi Call Center di bawah ini melalui WhatsApp pada jam kerja kantor.

Mengalami Masalah Pada Aplikasi SIPENCATAR? Hubungi Call Center kami:

link group telegram: PCT STPN 2023 (official)

Pelayanan call center pada Pukul 08.00 - 16.00 WIB

Hubungi Kami

KAMPUS STPN
Jl. Tata Bumi No.5, Banyuraden, Gamping, Sleman, Yogyakarta
Telp: +62 274 587239
Email: pct@stpn.ac.id